Pages

MAKALAH PERKEMBANGAN SOFTWARE

PERKEMBANGAN SOFTWARE

A. Pengertian Software

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer. Dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.
Software merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika. Logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.

B. Sejarah Rekayasa Software

Rekayasa perangkat lunak telah berkembang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Fokus utama pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai.
  • Tahun 1945 – 1965 : Awal
Istilah software engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak. Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.
  • Tahun 1965 – 1985 : Krisis Perangkat Lunak
Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak. Banyak projek yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai krisis perangkat lunak. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari projek yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.
  • Tahun 1985 – Kini : Tidak Ada Senjata Pamungkas
Selama bertahun-tahun, para peneliti memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu untuk memecahkan masalah krisis perangkat lunak.
Berbagai teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim sebagai senjata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi object, perangkat pembantu pengembangan perangkat lunak (CASE tools), berbagai standar, UML hingga metode formal diagung-agungkan sebagai senjata pamungkas untuk menghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu.
Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktek yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembangan perangkat lunak dalam tempo 10 tahun.
Sebagian berpendapat, no silver bullet berarti profesi rekayasa perangkat lunak dianggap telah gagal. Namun sebagian yang lain justru beranggapan, hal ini menandakan bahwa bidang profesi rekayasa perangkat lunak telah cukup matang, karena dalam bidang profesi lainnya pun, tidak ada teknik pamungkas yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi.

C. Sejarah Perkembangan Software

1. Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
300 sm             : penggunaan obor sebagai signal untukmengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa   yunani
1842                : Ada Augusta, penulis perangkat lunak pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine.
1933                : Wallace J. Eckert menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda.
1945                : Kutu yang pertama

2. Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama
Menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya unik untuk suatu aplikasi.

3. Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi
1957 : FORTRAN (Formula Translator), John Bakus,IBM
1958 : LISP (List Programing),John McCarty
1958 : ALGOL (Algoritmic Language)
1959 : COBOL (Common Business Oriented Language), Dr. Grace Hooper
1960 : LOGO, MIT
1961 : GPSS (General Purpose System Simulator)
1961 : RPG (Report Program Generator),IBM
1962 : APL (A Programming Language), Kenneth Iverson,IBM
1964 : BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code), John G. Kemeny & Thomas E. Kurtz
1966 : PL/1 (Programming Language version 1)IBM, gabungan FORTRAN dan COBOL
1968 : PILOT (Programmed Inquiry, Learning, or Teaching), John A. Starkweather
1969 : FORTH, Charles H. Moore, digunakan dalam bidang astronomi
1970 : PASCAL, dikembangkan oleh Niklaus Wirth
1971 : SAM76, Claude Keagan, gabungan dari LISP dan FORTH.
1972 : PROLOG, Alain Colmerauer & Philippe Roussel, untuk kecerdasan buatan
1974 : C pertama kali dikembangkan bernama BCPL, kemudian diadaptasi di Bell Laboratories dengan nama bahasa B.
1974 : COMAL, Borge Christensen & Benedict Lofsted, gabungan BASIC & PASCAL.
1977 : MODULA-2, Niklaus Wirth,Swiss
1979 : ADA digunakan di Dephan AS, diambil dari ADA AUGUSTA.

4. Perkembangan perangkat lunak paket aplikasi
1976 : Electrical Pencil, Michael Shrayer, pengolah kata, California
1979 : Word Star, John Barnaby,pengolah kata
1979 : Apple Writer, Paul Lutus, pengolah kata
1979 : VisicalC(Visual Calculator), Robert Frankston, DEC (Digital Equipment Corporation)
1981 : DBASE-II, Wayne Ratliff, ahli teknik NASA
1982 : LOTUS 1-2-3, gabungan program spreadsheet grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, Mitchel Kapoor,Yale Univ.

5. Perkembangan perangkat lunak sistem operasi
1954 : Sistem Operasi pertama kali Digunakan untuk komputer IBM 701 di General Motor Research Laboratories
1960 : Sistem Operasi untuk komputer mini pertama kali
1969 : UNIX, Ken Thompson, diterapkan pada komputer PDP-7, Bell Laboratories
1970 : CP/M (Control Program/Microproc.),Garry Kildal,Digital Research
1980 : MS-DOS (Microsoft- Disk Operating System),William Bill Gates,
1985 : Microsoft Windows Pertama
1987 : IBM Operating System/2
1988 : Windows/386
1990 : Windows 3.0
1993 : Mosaic, Browser Internet Pertama
1995-1997-2000-xp : Windows 95 Windows 98

D. Evolusi Perkembangan Software

Evolusi software


Tahun-tahun awal :
Batch orientation
Limmited distribution
Custummer software

Era kedua :
Multi user
Real time
Database


Era ketiga
Distibuted system
Embedded intellegence
Low cost hardware
Consumer infact

Era keempat :
Expert system
A I Machine
Parallel architecture





Tahun-tahun pertama :
Batch Orientation
  • Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process.
  • Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
  • Limmited distribution
  • Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.
  • Custom software
  • Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.

Era kedua :
  • Multi user
  • Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
  • Real Time
  • Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.
  • Database
  • Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).
  • Product Software
  • Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

ERA KETIGA  :
  • Distributed system
  • Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lain­nya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
  • Embedded Intelegence
  • Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutak­hir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.
  • Low Cost Hardware
  • harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
  • Consummer Inpact
  • Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, soft­ware ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.

ERA KEEMPAT :
  • Expert system
  • Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.
  • AI Machine
  • Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
  • Parallel Architecture
  • Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer

E. Perkembangan Software

            Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :

a. Periode Pioner (1950 – 1963)
  • Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer
  • Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu
  • Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesaidikerjakan komputer berupa print out.
  • Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.

b. Periode Stabil (1963 – 1980)
  • Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai kalangan
  • Perusahaan perangkat lunak bermunculan
  • Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking)
  • Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time)
  • Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses)

c. Periode Mikro (1980 – 1990)
  • Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu
  • Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d. Periode Modern (1990 – …)
  • Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik
  • Semua perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi)
  • Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
  • Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar


0 komentar:

Posting Komentar